Wakil Bupati Garut, Rd Diky Candra gencar promosikan taman satwa Cikembulan, yang terletak di Kecamatan Kadungora, sekitar 15 km arah barat dari pusat Kota Garut.

Taman satwa satu-satunya di Provinsi Jawa Barat tersebut, selama ini dinilai paling berhasil melaksanakan konservasi satwa langka yang dilindungi Undang-Undang, serta beragam vegetasi dan lingkungannya, ungkap Wabup dihadapan Komisi D DPRD Kabupaten Tanggerang, Jumat.

Sehingga sarana pendidikan dan rekreasi keluarga itu, terpilih mewakili Jabar pada ajang lomba ”konservasi” Tingkat Nasional 2010 ini, katanya.

Dia mengharapkan do’a restu dari berbagai komponen dan elemen masyarakat Garut, agar taman satwa Cikembulan mendapat kepercayaan dan berpeluang unggul di Tingkat Nasional pada bidang konservasi.

Saat menerima kunjungan kalangan legislatif membidangi pembangunan tersebut, juga dipresentasikan potensi unggulan wisata Kabupaten Garut lainnya, termasuk antara lain jeruk, domba, cabe paprika, ikan air tawar, jaket kulit, akar wangi, Cokodot van Java, batik serta dodol.

Terkait pemulihan lahan kritis, terus berupaya membentuk kesadaran masyarakat, diantaranya berupa sosialisasi pentingnya kehijauan alam kepada genarasi muda, pengantin pohon yakni pasangan pengantin yang melakukan penanaman saat hendak menikah.

Bahkan pasangan suami-istri yang akan bercerai pun, tetap dianjurkan bisa menyumbangkan pohon untuk mereka tanam, imbuh Wabup Diky Candra.

Penerbit :   http://www.garutkab.go.id/pub/news/permonth/juli_2010