Saturday, 27 March 2010 16:53


Keikutsertaan kontingen kabupaten Garut pada Porda XI/2010 di Bandung, dipasok biaya yang bersumber dari APBD setempat sebesar Rp5 miliar.

Garut, 27/3 (Antara/FINROLL Sports) – Keikutsertaan kontingen kabupaten Garut pada Porda XI/2010 di Bandung, dipasok biaya yang bersumber dari APBD setempat sebesar Rp5 miliar.

Pasokan dana sebesar itu diakui Koordinator Tim Monitoring 4 cabang subyektif, Rizal Syam pada pengukuhan kontingen Porda XI/2010 kabupaten Garut, Sabtu.

Menurut dia, bantuan yang relatif besar ini jika dibandingkan dengan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi ternyata masih dinilai minim.

Sehingga perlu secara terbuka dijelaskan kepada masyarakat, karena alokasi dananya sebagian besar digunakan untuk pembinaan dan prestasi atlet mencapai Rp2.959.200.000, disusul biaya sarana prasarana Rp556,5 juta, perlengkapan kontingen Rp314,38 juta.

Selain itu biaya operasional Rp817,52 juta serta untuk BPOC sebesar Rp352,4 juta, menyusul dari hasil analisa pengurus KONI dan seluruh pengurus cabang olahraga, faktor kunci keberhasilan pencapaian target meliputi kesiapan atlet.

Terdiri kekuatan fisik, kemampuan teknik, kemampuan taktik, keefektifan strategi juga kekuatan mental/psikologi, kemudian adanya pemusatan latihan, “reward,” dukungan moril seluruh pelaku, pemerhati dan pecinta olahraga serta dukungan materil berupa sarana prasarana, katanya.

Kabupaten Garut menerjunkan sekurangnya 363 atlet dan official pada Porda di Bandung tersebut yang dipastikan mengikutsertakan 28 cabang olahraga (cabor) dengan 258 atlet.

Meski sebelumnya akan mengikutsertakan 31 cabor yang mendapatkan prioritas, namun setelah melalui babak “simulasi dan kualifikasi” ternyata hanya 28 cabor yang lolos seleksi, sebagaimana ditegaskan Ketua Umum KONI setempat H. Ato Hermanto.

Sedangkan target akhir dan peluang perolehan 59 medali, terdiri 26 emas, 18 perak serta 15 perunggu, namun berdasarkan hasil kajian terhadap penetapan target.

Tim satgas memberikan toleransi terhadap kemungkinan kegagalan, sehingga ditetapkan “margin error” 20 persen atau target medali emas pada Porda XI, bisa 21.

penerbit:

http://sports.id.finroll.com/component/content/article/37-berita-terkini/29471-kontingen-porda-garut-dipasok-apbd-rp5-miliar.html