Bandung, (PR).-
Hoki dipastikan akan dipertandingkan pada Porda XI/2010, setelah delapan daerah menyatakan siap mengirimkan kontingennya, Selasa (14/4). Dalam rapat antara KONI Jabar dan KONI kabupaten/kota di Aula KONI Jabar, Jln. Pajajaran Kota Bandung, dibentuk Tim Sebelas yang akan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pertandingan hoki pada Porda nanti.

Delapan daerah yang memenuhi undangan KONI itu adalah Kab. Bandung, Kota Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Tasikmalaya, Kab. Garut, Kab. Ciamis, Kab. Karawang, dan Kota Cimahi. Mereka menyatakan siap mengirimkan kontingen hoki ke Porda, serta membantu penyelenggaraan pertandingan cabor tersebut.

Ketua II KONI Jabar Amung Ma`mun yang memimpin rapat mengatakan, KONI berinisiatif mengundang KONI kabupaten/kota, menyusul dibekukannya PB Persatuan Hoki Seluruh Indonesia (PHSI), yang berdampak kepada vakumnya Pengda PHSI Jabar. Padahal, hoki merupakan cabor dengan nilai perjuangan sangat tinggi yang memberikan pembelajaran sosial mengenai sportivitas kepada masyarakat. Selain itu, pada PON XVII/2008, hoki juga menunjukkan potensinya dengan meraih satu medali emas untuk Jabar.

“Dalam rapat ini, mari kesampingkan konflik, dan pastikan hoki dipertandingkan di Porda,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, KONI juga memfasilitasi pembentukan Tim Sebelas yang akan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pertandingan hoki, mulai dari simulasi, babak kualifikasi, hingga pertandingan pada Porda.

Tim Sebelas itu terdiri dari tiga tim inti (ketua, wakil ketua, dan sekretaris), serta delapan daerah yang hadir dalam rapat tersebut. Binpres KONI Kab. Bandung Ajang Suparlan terpilih sebagai ketua tim karena Kab. Bandung akan menjadi lokasi pertandingan hoki. Lalu posisi wakil ketua diisi oleh Yuyun dari KONI Kab. Cianjur. Sementara itu, pengisi jabatan sekretaris tim belum diputuskan karena KONI Kota Bandung yang merupakan sesama tuan rumah, ingin membicarakannya lebih dulu dengan Pengcab PHSI.

Ajang menjamin Kab. Bandung siap menyediakan venue bagi hoki, baik itu berupa lapangan rumput outdoor maupun indoor. Rencananya, Kab. Bandung akan membangun lapangan rumput hoki berdekatan dengan Kompleks Stadion Si Jalak Harupat di Soreang.

Menurut dia, keputusan KONI Jabar untuk memfasilitasi pertemuan ini merupakan ide yang sangat baik. Ajang yakin jumlah daerah yang akan mengikuti pertandingan hoki pada Porda akan bertambah, setelah mengetahui pembentukan Tim Sebelas ini. (A-180)***


Sumber: Harian Pikiran Rakyat, Rabu 15 April 2009

About these ads